jaringan air Pamdes tersebut yang menjadi sumber dalam keluarga kami, kami berharap semoga tidak terjadi lagi dan lancar terus seperti sekarang ini”, tambahnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh sejumlah pelanggan kepada
para Pengurus agar mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal. Karena menjelang
musim kemarau sekarang ini khususnya masyarakat Desa Santong dan umumnya Warga
Kecamatan Kayangan sangat ketergantungan pada Aliran Air Pamdes tersebut.
Sementara itu Pengurus Pamdes Bening Batubara Santong ketika
dihubungi di Sekretariatnya di kantor Desa Santong “ Saprudin, S.Pd “
mengungkapkan “ kami mengerti dengan keluhan yang disampaikan oleh para
pelanggan dan wajar mereka mengeluh jika terjadi kemacetan karena mereka
membayar uang iuran bulanan, tapi kami dari pengurus berharap agar pelanggan
jangan terlalu berlebihan menyalahkan pengurus karena kami dari pengurus juga sangat tanggap dengan
gangguan yang terjadi, tekhnisi kami langsung turun kelapangan jika terjadi
gangguan, namun karena lokasi kerusakannya sangat jauh dan berada pada posisi
yang curam dan berbahaya ini membuat semua tekhnisi kami harus ekstra hati-hati
melakukan perbaikan sehingga sering perbaikan tersebut dilakukan sampai dua
hari”.
Ketua pamdes ini juga mengungkapkan “ Kami juga berharap kepada para Pelanggan agar bisa
toleran terhadap usaha yang dilakukan pengurus karena keterbatasan tenaga, kami
belum mampu merekrut tenaga karyawan terlalu banyak untuk melayani karena
keterbatasan dana. Agar diketahui oleh pelanggan bahwa saat ini dari 390
pelanggan Pamdes yang ada didesa Santong hanya 50% yang mau membayar tepat
waktu, lainnya harus ditagih kerumahnya padahal kami terus sosialisasikan agar
datang membayar kekantor Desa, bahkan masih banyak yang melakukan penunggakan sampai
5 bulan, inikan berarti tidak adil
mereka hanya menuntut hak tetapi tidak mau membayar kewajiban, kami butuh biaya
untuk biaya operasional, biaya perbaikan jaringan, biaya pemeliharaan dan juga
untuk insentip pengurus yang tak seberapa jumlahnya, namun Insyaallah kami akan
terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan”
tambahnya.
Ditempat berbeda “ Solihin” (40 Th) Ketua Tekhnisi
menyampaikan “ kami minta permakluman kepada pelanggan agar selalu bersabar
karena kami juga selalu berusaha tuk kelancaran aliran tersebut namun karena
saat ini kerusakan sering terjadi di hutan sumber pengambilan air tersebut yang
jaraknya kurang lebih 8 Km dan lokasinya sangat rawan dan berbahaya, jadi kami
sering mengalami kesulitan melakukan perbaikan, kerusakan yang terjadi putusnya
sambungan pipa induk karena pohon tumbang dan tanah longsor”.
Sementara itu “ Muhakim “ Kepala Desa Santong juga memberikan
tanggapan serius terhadap keberadaan Pamdes Santong saat ini karena masalah air
merupakan hal yang sangat vital untuk ukuran kesejahteraan warga. Menurutnya “saat
ini pemerintah Desa sangat serius mendukung keberadaan Pamdes Bening Batubara
Santong, karena lembaga ini sanbgat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga setiap
tahunnya kami akan terus membantu untuk pendanaan walaupun tidak terlalu besar,
kami juga berharap agar warga khususnya para pelanggan agar tetap bekerjasama
dengan para pengurus agar tetap menjaga keberadaan Pamdes ini”. Yudik
0 komentar:
Posting Komentar