#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Kamis, 14 Juni 2012

ASPAMA” LESTARI ALAM” LOMBOK UTARA


KM Rumah Panggungku   …Keinginan untuk menikmati air bersih sudah menjadi kebutuhan  pokok setiap warga, tidak terkecuali warga Lombok utara dari ujung barat sampai ujung timur “Gumi Dayan  Gunung” . Dengan kondisi Wilayah yang sebagian besar daerah Pegunungan Lombok Utara kaya akan sumber air bersih, inilah yang merupakan anugerah Tuhan yang mesti di syukuri khususnya oleh warga Dayan Gunung.
“Saat ini lima kecamatan yang   ada di Lombok Utara masing-masing memiliki Sumber mata air sendiri karena  rata-rata memiliki daerah Pegunungan” hal tersebut disampaikan oleh Datu Madya ( Kasi Kes-Ling) Dinas Kesehatan Lombok Utara pada acara pembentukan Asosiasi Pokmair ( Kelompok Pemakai Air ) dan Pamdes ( Pengelola Air Minum Desa ) Lombok Utara pada hari selasa, 5 Juni 2012 yang lalu bertempat di Aula Rumah Makan Nabil Gondang.
Dalam sambutannya ini juga Datu Madya menyampaikan pesannya kepada semua Pengelola air Bersih yang ada dilombok Utara agar selalu memperhatikan kondisi air yang dikonsumsi masyarakat tersebut, mengingat saat ini di beberapa tempat pengelolaan air bersih masih dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tentu saja pengolahannya masih sederhana, namun pemerintah khususnya Dinas Kesehatan sangat berterima kasih atas peran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pengelola air tersebut, mengingat saat ini Lombok Utara belum memiliki Pengelola air Minum khusus seperti PDAM. Hal inilah yang mendorong Dinas Kesehatan untuk memperakarsai terbentuknya  Organisasi khusus pengelolaan air bersih masyarakat di Lombok utara.
Acara pembentukan Asosiasi tersebut diikuti oleh kurang lebih 30 orang Perwakilan dari Kelompok Pemakai Air ( POKMAIR) dan PAMDES se Lombok Utara. Organisasi ini akan memiliki peran penting di tengah masyarakat untuk pengelolaan air bersih di Lombok utara. Acara yang berlansung singkat selama satu setengah jam tersebut berhasil menyepakati nama organisasi yakni ASOSIASI PENGELOLA AIR MINUM MASYARAKAT (ASPAMA) LESTARI ALAM LOMBOK UTARA, dan   memilih Pengurus yang berasal dari masing-masing kecamatan antara lain : RAPAUN dari Pamdes Lestari Genggelang sebagai Ketua, MAYADI dari Pamdes  Rempek sebagai Wakil Ketua, MARJUDIN, S.PdI dari Pamdes Bening Batubara Santong sebagai Sekretaris dan KITANEP dari Pokmair Bayan sebagai Bendahara. Selain itu ditambah dengan 8 orang pada posisi Seksi bidang yakni, Tekhnisi, Pelayanan, Publikasi dan Advokasi, serta Bidang Kesehatan Masyarakat.
Dalam sambutannya setelah terpilih sebagai ketua Rapaun menyampaikan Ungkapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya “ saya merasa belum  pantas menjadi ketua karena saya belum punya pengalaman banyak tentang organisasi ini, untuk itu saya sangat mengharapkan agar semua teman-teman mendukung segala apa yang kita hajatkan bersama, kita jadikan wadah organisasi ini sebagai lahan amal mengabdi kepada masyarakat, ajang silaturrahmi, dan juga tempat belajar bersama, dari dinas kesehatahn juga selaku Pembina sangat saya harapkan agar selalu memberikan petunjuk dan bimbingan dalam melaksanakan tugas mulya ini”. Ketua Pamdes yang pernah menjadi Juara Nasional Pengelolaan Air Bersih tahun 2010 ini juga menambahkan “ dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya tentang air bersih memiliki tantangan yang besar, jadi hendaklah kita selalu memperbaiki niat dan sabar dalam memberikan layanan tersebut”.
Marjudin ( 36 th) Sekretaris terpilih juga mengungkapkan “ sebagai tindak lanjut terbentuknya Kepengurusan ini kita akan berupaya merencanakan program yang akan dilaksanakan kedepan dengan mengadakan rapat kerja membahas Profil Organisasi dan sosialisasi  Organisasi kepada masyarakat melalui media dan sebagainya”
Setelah terbentuknya kepengurusan sebelum ditutup Datu Madya  Menambahkan pesannya “agar organisasi ini akan berfungsi untuk mengakomodir segala klepentingan masyarakat khususnya pelanggan dan organisasi pamdes dan Pokmair yang ada  dan juga agar Kepengurusan segera menindak lanjuti kegiatan tersebut dan selalu berkoordinasi dengan Petugas Kesehatan baik yang ada di Dinas maupun Di Puskesmas Kecamatan”Yudik

0 komentar:

Posting Komentar